Need an account?

Forgot password?
Syirik Kecil
Diriwayatkan dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Ketika hari kiamat datang, para malaikat berseru, ‘Di manakah orang-orang yang riya’, dan di manakah orang-orang yang ikhlas? Berdirilah, dan bawalah amal-amal kalian, kemudian mintalah balasan dari Tuhan kalian atas amal-amal kalian.’"

Rasulullah saw. juga bersabda; "Orang yang riya’ tidak mendapat apa-apa dari amal-amal mereka selain kepayahan, kesusahan, dan penyesalan."

Kemudian Nabi saw. kembali bersabda; "Wahai anak cucu Adam, ikhlaslah, ikhlaslah!"
Rasulullah saw. pun bersabda, "sesungguhnya sesuatu yang paling kukhawatirkan atas umatku adalah syirik kecil." Para Sahabat bertanya, "apakah syirik kecil itu, ya Rasulullah?"
"Riya’", Jawab Rasulullah saw..

Pada hari kiamat nanti, di saat orang-orang yang diberi balasan atas amal-amal perbuatan mereka, Allah berfirman pada orang-orang yang riya "Pergilah kalian pada orang yang kalian riya’i. Adakah kalian akan mendapatkan kebaikan darinya!?"

***

Riya’adalah memperlihatkan (memamerkan) suatu amal kebaikan pada orang lain. Salah satu ciri orang riya’ adalah, jika perbuatan baiknya dilihat dan dipuji orang lain, ia akan senang, tambah giat beramal, dan tambah semangat.

Dikutip dari 115 Kisah Teladan Penuh Hikmah [ ALLAH TIDAK PERNAH TIDUR ]
Pnerbit : Karta Media
Wendy Setyawan, S.IP





Cara Cepat Menyembuhkan Luka Tautan
masih berjuang mengingat email
truk tambang biasa dan mobil dump truck gitu ternyata beda lho gan - Tautan

Today's Quote
""Diam adalah suatu kebijaksanaan, tetapi sedikit benar orang yang berbuat demikian." (HR Baihaqy)"